Langsung ke konten utama

PENGGUNAAN TIK DALAM PENDIDIKAN

PENGGUNAAN TIK DALAM PENDIDIKAN
Ada beberapa manfaat penggunaan TIK dalam dunia pendidika antaralain:
1.      TIK dapat memperluas akses pendidikan
Perkembangan pesat TIK membuat kita dapat belajar segala hal yang ingin kita ketahui tidak dibatasi oleh waktu dan tempat belajar. Berbagai situs pendidikan maupun informasi penting dapat kita akses dengan mudah melalui internet yang merupakan hasil dari perkembangan TIK. Namun kita sebagai pengguna alat-alat TIK harus mampu menggunakanya dengan bijak.

2.      TIK menyiapkan individu memasuki dunia kerja
TIK dapat mempersiapkan seorang individu dalam memasuki dunia kerja karena:
a.         Mempersiapkan siswa memasuki dunia kerja leih baik karena dengan dapat menggunakan TIK anak mempunyai keunggulan dalam bersaing (kompeten)
b.        Melek teknologi menjadi salah  syarat dalam mendapatkan pekerjaan sehingga anak harus dibekali dengan kemampuan dalam menggunakan alat-alatTIK. Selain itu persyaratan lain yang diminta dalam dunia kerja adalah melek fungsional yang berarti dapat menggunakan media dalam mengekspresikan  gagasan serta mampu membaca informasi yang disajikan dalam berbagai bentuk media atau diseut dengan melek visual. Seorang siswa juga harus melek ilmiah atau mampu memahami sains dan matematika dan memanfaatkan informasi dengan tepat. Dengan menggunakan perkembangan TIK siswa juga dapat memiliki kesadaran global yang bagus yang nantinya dapat digunakan ketika anak berada dalam dunia kerja
c.         Dengan menggunakan TIK anak mampu berfikir kreatif, mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi, kemampuan berdaptasi di lingkungannya, serta berkomunikasi yang baik.
3.      TIK meningkatkan kualitas Pendidikan
Beberapa cara yang dapat digunakan dalam meningkatkan kualitas pendidikan dengan pemanfaatan TIK adalah:
a.         Meningkatkan motivasi siswa karena materi pembelajaran dapat disajikan dalam bentuk yang lebih menarik serta siswa dapat menggunakan internet dalam mengakses infromasi yang ingin diketahuinya.
b.         Memfasilitasi pemerolehan keterampilan dasar dalam berfikir lebih kreatif melalui media-media elektronik.
c.         Meningkatkan pelatihan guru yang dapat digunakan secara online dan lebih canggih.
4.      TIK mentrasformasu lingkungan belajar
Dengan penggunaan TIK maka membekali siswa untuk dapat belajar sepanjang hayat karena sumber belajar dapat diakses dimana dan kapan saja. Dengan penggunaan TIK siswa dapat menggunakannya untuk mengkonstruksi infromasi sendiri, belajar kolaboratif dengan guru maupun siswa lain yang berbeda budaya sehingga mampu mempunyai keterampilan dan cara berkomunikasi yang baik. Siswa juga mampu belajar secara kreatif, integratif, dan belajar secara evaluatif.  

            Tingkatan penggunaan teknologi dalam pendidikan yaitu kemampuan presentasi dalam menggunakan TIK, mendemonstrasikan, mempraktekannya, melakukan intekasi dalam penggunaannya sampai pada kegiatan kolaborasi yang dapat dilakukan dengan berbagai pihak pelaku pendidikan. Beberapa bentuk penggunaan TIK dalam pendidikan yang dapat dilihat secara nyata antaralain siaran radio dan TV yang dapat memberikan informasi baru, teleconferen, penggunaan komputer dan internet, belajar tentang komputer, belajar dengan dan melalui komputer, serta belajar dengan jarak jauh.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

administrasi kesiswaan

PROFESI KEPENDIDIKAN ADMINISTRASI KESISWAAN OLEH : KELOMPOK 2 DESMA LENI/1100761 GUSMETA/1100784 ISA HIDAYATI/1100795 SITI MUTMAINAH/1100749 YURIKE FRANSISKA/1100773 DOSEN PEMBIMBING: Drs. Syahril, M.Pd PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG 2012 ASMINISTRASI KESISWAAN 1.       Pengertian administrasi kesiswaan Menurut mantja dan sutisna administrasi kesiswaan adalah proses pengurusan segala hal yang berkaitan dengan siswa, pembinaan selam siswa berada di sekolah, sampai siawa menamatakan pendidikannya melalui penciptaan suasana yang kondusif terhadap berlangsungnya proses pembelajaran yang efektif. Administrasi kesiswaan merupakan usaha dan kegiatan yang meliputi pengaturan tentang administrasi yang berkaitan dengan siswa dalam upaya mengembangkan potensi siswa. Administrasi Kesiswaan berhubungan dengan Tata Usaha dalam penyimpanan data-data siswa. Penyimpanan ...

pengembangan program pembelajaran sains AUD

MAKALAH PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN SAINS AUD OLEH NAMA ANGGOTA: Zahratul Qalbi (1100776) Nora Elina (1100771) Dona sri rahayu (1100794) Syarifah nurza (1100792) Islamaisa (1100793) Della Delina (1100765) Ezi Alfrina (1100755) Syukrina Wiladatika (1100780) PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURUPENDIDIKAN ANAK USIA DINI FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG 2012 KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya yang berjudul “PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN SAINS AUD”.              Makalah ini berisikan tentang informasi tentang Pengembangan Program Pembelajaran Sains AUD.Diharapkan Makalah ini dapat memberikan informasi kepada kita semua tentang Pengembangan Program Pembelajaran Sains AUD. Kami menyadari bahwa Maka...

karakteristik media pembelajaran

Ø   Schramm (1977) mengemukakan bahwa media pembelajaran adalah teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan Ø   Briggs (1977) berpendapat bahwa media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti : buku, film, video dan sebagainya. Ø   Brown (1973) mengungkapkan bahwa media pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran dapat mempengaruhi terhadap efektivitas pembelajaran. Ø   Latuheru(1988:14), menyatakan bahwa media pembelajaran adalah bahan, alat, atau teknik yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dengan maksud agar proses interaksi komunikasi edukasi antara guru dan siswa dapat berlangsung secara tepat guna dan berdaya guna Ø   Sadiman,2002:6 Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar terj...