Langsung ke konten utama

MEDIA PEMBELAJARAN AUD MEMBUAT ALAT PERMAINAN DARI BARANG BEKAS BAJU DARI KAIN PERCA


MEDIA PEMBELAJARAN AUD
MEMBUAT ALAT PERMAINAN DARI BARANG BEKAS
BAJU DARI KAIN PERCA




OLEH:
ISA HIDAYATI/1100795
PG PAUD REGULER 2011





PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2012


MEMBUAT ALAT PERMAINAN DARI BARANG BEKAS
 BAJU DARI KAIN PERCA
Bahan:
1.      Kain perca atau kain sisi
2.      Kancing baju
3.      Benang jahit
4.      Kertas HVS

Alat:
1.      Pensil
2.      Penggaris
3.      Penghapus
4.      gunting

Cara membuat:
Buatlah pola baju yang diinginkan di kertas HVS. Pindahkanlah gambar tersebut ke kain perca sesuia pola yang telah kita gambar tadi. Kemudian gunting pola tersebut dan jahit sesuai pola yang ada. Pasangkanlah kancing pada baju tersebut
Cara menggunakan dan fungsi:
Tema: kebutuhan
Sub tema: kebutuhan sandang
1.      Kegiatan awal:
Pada kegiatan awal guru menggali pengetahuan anak tentang berbagai jenis baju yang dia punya. Misalnya baju seragam sekolah yang dipakai anak setiap hari, baju yang digunakan anak untuk bermain setiap harinya, baju pergi ke pesta dll.
Anak akan mengemukakan pendapat mereka tentang macam-macam baju yang mereka miliki. Kegiatan  ini akan melatih aspek bahasa dan kognitif anak.
2.      Kegiatan inti
Pada kegiatan ini proses pembelajaran dilakukan dengan memperlihatkan anak sebuah baju yang terbuat dari kain perca. Anak diminta secara bergantian untuk memasangkan kancing baju pada baju tersebut. Kegiatan ini melatih motorik halus anak. Kemudian anak-anak bernyanyi bersama lagu baju baru:
Baju baru Alhamdulillah
Untuk  dipakai di hari raya
Tak adapun tak apa-apa
Masih ada baju yang lama.
3.      Kegiatan penutup
Pada kegiatan ini anak dan guru mendiskusikan tentang pembelajaran yang dilakukan tadi. Apakah anak-anak bisa memasang kancing baju sesuai dengan lubang yang sejajar dengan kancing baju tersebut.
Kegiatan ini melatih kemampuan anak dalam berbahasa dan mengemukakan pendapatnya.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

kolaborasi orang tua dan guru dalam pendidikan Anak Usia Dini

MID SEMESTER KOLABORASI ORANG TUA DAN GURU DALAM PENDIDIKAN AUD OLEH : ISA HIDAYATI / 1100795 PG PAUD REGULER 2011 DOSEN PEMBIMBING: Nurhafizah ,M.Pd PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG 2012 1.       Jelaskanlah urgensi/pentingnya kolaborasi orang tua dan guru dalam mengembangkan kemampuan AUD !         Orang tua sebagai mitra guru   dalam pendidikan anak usia dini perlu mengetahui pembelajaran yang dilaksanakan anak di sekolah. Karena apabila orang tua   pasif dan tidak memperhatikan anaknya maka anak   dalam menerima pelajaran dari sekolah merasa bingung dengan dua dunia yang berbeda. Pembiasan-pembiasaan di rumah berbeda dengan apa yang diajarkan di sekolah sehingga anak akan menemui masalah dalam pembelajaran dan penyesuaian. Apalagi dalam pendidikan anak usia dini yang merupakan peletak dasar pendidikan pada anak.          Orang tua juga harus bisa menjadi pendukung pembelajaran

pengembangan program pembelajaran sains AUD

MAKALAH PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN SAINS AUD OLEH NAMA ANGGOTA: Zahratul Qalbi (1100776) Nora Elina (1100771) Dona sri rahayu (1100794) Syarifah nurza (1100792) Islamaisa (1100793) Della Delina (1100765) Ezi Alfrina (1100755) Syukrina Wiladatika (1100780) PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURUPENDIDIKAN ANAK USIA DINI FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG 2012 KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya yang berjudul “PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN SAINS AUD”.              Makalah ini berisikan tentang informasi tentang Pengembangan Program Pembelajaran Sains AUD.Diharapkan Makalah ini dapat memberikan informasi kepada kita semua tentang Pengembangan Program Pembelajaran Sains AUD. Kami menyadari bahwa Makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kri

media audio visual dan serbaneka

Media pembelajaran audio visual dan serbaneka A.     Media Audio Visual 1.    Pengertian Media Audio Visual Audio visual adalah media instruksional modern yang sesuai dengan perkembangan zaman (kemajuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi), meliputi media yang dapat dilihat dan didengar.(Rohani, 1997: 97-98). Media audio visual adalah merupakan media perantara atau penggunaan materi dan penyerapannya melalui pandangan dan pendengaran sehingga membangun kondisi yang dapat membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan, atau sikap. Media audiovisual merupakan kombinasi dari media audio dan media visual, atau biasa disebut media pandang dengar. Dengan menggunakan media audio visual ini maka penyajian isi tema kepada anak akan semakin lengkap dan optimal, selain itu media iini dalam batas-batas tertentu dapat menggantikan peran dan tugas guru. Dalam hal ini guru tidak berperan sebagai penyampaian materi bisa diganti oleh media. Peran guru bisa beralih menjadi fasilita