Langsung ke konten utama

MEDIA PEMBELAJARAN AUD MEMBUAT ALAT PERMAINAN DARI BARANG BEKAS BAJU DARI KAIN PERCA


MEDIA PEMBELAJARAN AUD
MEMBUAT ALAT PERMAINAN DARI BARANG BEKAS
BAJU DARI KAIN PERCA




OLEH:
ISA HIDAYATI/1100795
PG PAUD REGULER 2011





PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2012


MEMBUAT ALAT PERMAINAN DARI BARANG BEKAS
 BAJU DARI KAIN PERCA
Bahan:
1.      Kain perca atau kain sisi
2.      Kancing baju
3.      Benang jahit
4.      Kertas HVS

Alat:
1.      Pensil
2.      Penggaris
3.      Penghapus
4.      gunting

Cara membuat:
Buatlah pola baju yang diinginkan di kertas HVS. Pindahkanlah gambar tersebut ke kain perca sesuia pola yang telah kita gambar tadi. Kemudian gunting pola tersebut dan jahit sesuai pola yang ada. Pasangkanlah kancing pada baju tersebut
Cara menggunakan dan fungsi:
Tema: kebutuhan
Sub tema: kebutuhan sandang
1.      Kegiatan awal:
Pada kegiatan awal guru menggali pengetahuan anak tentang berbagai jenis baju yang dia punya. Misalnya baju seragam sekolah yang dipakai anak setiap hari, baju yang digunakan anak untuk bermain setiap harinya, baju pergi ke pesta dll.
Anak akan mengemukakan pendapat mereka tentang macam-macam baju yang mereka miliki. Kegiatan  ini akan melatih aspek bahasa dan kognitif anak.
2.      Kegiatan inti
Pada kegiatan ini proses pembelajaran dilakukan dengan memperlihatkan anak sebuah baju yang terbuat dari kain perca. Anak diminta secara bergantian untuk memasangkan kancing baju pada baju tersebut. Kegiatan ini melatih motorik halus anak. Kemudian anak-anak bernyanyi bersama lagu baju baru:
Baju baru Alhamdulillah
Untuk  dipakai di hari raya
Tak adapun tak apa-apa
Masih ada baju yang lama.
3.      Kegiatan penutup
Pada kegiatan ini anak dan guru mendiskusikan tentang pembelajaran yang dilakukan tadi. Apakah anak-anak bisa memasang kancing baju sesuai dengan lubang yang sejajar dengan kancing baju tersebut.
Kegiatan ini melatih kemampuan anak dalam berbahasa dan mengemukakan pendapatnya.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

administrasi kesiswaan

PROFESI KEPENDIDIKAN ADMINISTRASI KESISWAAN OLEH : KELOMPOK 2 DESMA LENI/1100761 GUSMETA/1100784 ISA HIDAYATI/1100795 SITI MUTMAINAH/1100749 YURIKE FRANSISKA/1100773 DOSEN PEMBIMBING: Drs. Syahril, M.Pd PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG 2012 ASMINISTRASI KESISWAAN 1.       Pengertian administrasi kesiswaan Menurut mantja dan sutisna administrasi kesiswaan adalah proses pengurusan segala hal yang berkaitan dengan siswa, pembinaan selam siswa berada di sekolah, sampai siawa menamatakan pendidikannya melalui penciptaan suasana yang kondusif terhadap berlangsungnya proses pembelajaran yang efektif. Administrasi kesiswaan merupakan usaha dan kegiatan yang meliputi pengaturan tentang administrasi yang berkaitan dengan siswa dalam upaya mengembangkan potensi siswa. Administrasi Kesiswaan berhubungan dengan Tata Usaha dalam penyimpanan data-data siswa. Penyimpanan ...

pengembangan program pembelajaran sains AUD

MAKALAH PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN SAINS AUD OLEH NAMA ANGGOTA: Zahratul Qalbi (1100776) Nora Elina (1100771) Dona sri rahayu (1100794) Syarifah nurza (1100792) Islamaisa (1100793) Della Delina (1100765) Ezi Alfrina (1100755) Syukrina Wiladatika (1100780) PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURUPENDIDIKAN ANAK USIA DINI FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG 2012 KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya yang berjudul “PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN SAINS AUD”.              Makalah ini berisikan tentang informasi tentang Pengembangan Program Pembelajaran Sains AUD.Diharapkan Makalah ini dapat memberikan informasi kepada kita semua tentang Pengembangan Program Pembelajaran Sains AUD. Kami menyadari bahwa Maka...

karakteristik media pembelajaran

Ø   Schramm (1977) mengemukakan bahwa media pembelajaran adalah teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan Ø   Briggs (1977) berpendapat bahwa media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti : buku, film, video dan sebagainya. Ø   Brown (1973) mengungkapkan bahwa media pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran dapat mempengaruhi terhadap efektivitas pembelajaran. Ø   Latuheru(1988:14), menyatakan bahwa media pembelajaran adalah bahan, alat, atau teknik yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dengan maksud agar proses interaksi komunikasi edukasi antara guru dan siswa dapat berlangsung secara tepat guna dan berdaya guna Ø   Sadiman,2002:6 Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar terj...