Langsung ke konten utama

Penyusunan Bahan Ajar ber-ISBN Prodi PG-PAUD UNIMED

Hari/Tanggal: Selasa/ 22 Oktober 2019
Pemateri:Dr. Ridwan Abdullah Sani, M.Si.


Rabun Membaca
Lumpuh Menulis
Secara umum perbedaan antara Modul, Bahan Ajar dan Buku Teks yaitu:
1. Modul merupakan bahan ajar yang memungkinkan membuat Mahasiswa untuk bisa belajar mandiri. Setiap Bab  mempunyai kesimpulan, Soal-soal dan jawaban.
2. Bahan Ajar terdapat penjelasan materi, kesimpulan, soal, dinamika kelas serta daftar pustaka di setiap Bab.
3. Buku Teks merupakan bacaan yang tidak menyediakan soal  serta daftar pustakanya terdapat pada bagian belakang.

Tips yang dapat dilakukan agar mudah menulis Bahan Ajar yaitu Buat Daftar isinya terlebih dahulu sehingga sudah tergambar isi dari buku tersebut. Setelah membuat daftar isi buatlah Mind Mapping seiap Bab, dengan begitu memudahkan penulis untuk menyelesaikan Setiap Bab. Jadi setiap Bab tidak harus ditulis secara berurut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

pengembangan program pembelajaran sains AUD

MAKALAH PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN SAINS AUD OLEH NAMA ANGGOTA: Zahratul Qalbi (1100776) Nora Elina (1100771) Dona sri rahayu (1100794) Syarifah nurza (1100792) Islamaisa (1100793) Della Delina (1100765) Ezi Alfrina (1100755) Syukrina Wiladatika (1100780) PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURUPENDIDIKAN ANAK USIA DINI FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG 2012 KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya yang berjudul “PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN SAINS AUD”.              Makalah ini berisikan tentang informasi tentang Pengembangan Program Pembelajaran Sains AUD.Diharapkan Makalah ini dapat memberikan informasi kepada kita semua tentang Pengembangan Program Pembelajaran Sains AUD. Kami menyadari bahwa Maka...

permainan frobel

MEDIA PEMBELAJARAN AUD PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN FROBEL BOLA KUBUS DAN SILINDER DARI KAYU OLEH: KELOMPOK II TISNA SYAFNITA/1100778 ISA HIDAYATI/11000795 GEMALA RANTI/1100779 FITRA ANIZA/1100766 DESIANTI/1100803 LISA MONIKA/1100768 ISLAMAISA/1100793 LITA HARTATI/1100795 EKA RESKI AMANDA/1100777 EDUPA CENTIA/ PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG 2012 ALAT PERMAINAN   FROBEL BOLA, KUBUS DAN SILINDER DARI KAYU Pandangan Froebel Froebel yang bernama lengkap Friedrich Wilheim August Froebel, lahir di jerman pada tahun 1782 dan wafat tahun 1852. Pandanganya tentang anak banyak dipengaruhi oleh Pestalozzi esrta para filsuf Yunani. Froebel memandang anak sebagai individu yang pada kodratnya bersifat baik. sifat yang buruk timbul karena kurangnya pendidikan atau pengertian yang dimiliki oleh anak tersebut. Setiap tahap perkembangan yang dialami oleh anak harus dipandang sebag...

administrasi kesiswaan

PROFESI KEPENDIDIKAN ADMINISTRASI KESISWAAN OLEH : KELOMPOK 2 DESMA LENI/1100761 GUSMETA/1100784 ISA HIDAYATI/1100795 SITI MUTMAINAH/1100749 YURIKE FRANSISKA/1100773 DOSEN PEMBIMBING: Drs. Syahril, M.Pd PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG 2012 ASMINISTRASI KESISWAAN 1.       Pengertian administrasi kesiswaan Menurut mantja dan sutisna administrasi kesiswaan adalah proses pengurusan segala hal yang berkaitan dengan siswa, pembinaan selam siswa berada di sekolah, sampai siawa menamatakan pendidikannya melalui penciptaan suasana yang kondusif terhadap berlangsungnya proses pembelajaran yang efektif. Administrasi kesiswaan merupakan usaha dan kegiatan yang meliputi pengaturan tentang administrasi yang berkaitan dengan siswa dalam upaya mengembangkan potensi siswa. Administrasi Kesiswaan berhubungan dengan Tata Usaha dalam penyimpanan data-data siswa. Penyimpanan ...