Langsung ke konten utama

emakku pahlawanku


Kau pahlawan terbaik kami sepanjang masa.
.
Sedikit bercerita tentang sosok wanita tangguh yang biasa saya, kakak, abang dan adek panggil "amak".
Ini liburan setelah pengayaan bahasa di UIN Syahid Jakarta dan menunggu awal perkuliahan di UNJ. Momen langka sekali, karena saya dan adek bisa mempunyai waktu libur bareng.


Sawah kami tak begitu luas namun cukup untuk menyekolahkan kami berempat dan membuat asap dapur mengepul. Kala itu musim panen padi pertengahan juli 2016, kebetulan abak (ayah) sudah seminggu terbaring di kamar dan tidak mampu menggerakkan tubuhnya yg terlihat hitam legam terkena cahaya matahari. Abaklah yang biasanya memanen padi ketika musim bahagia itu datang. Namun kali ini beliau tidak bisa melakukannya, jangankan turun ke sawah bergerakpun sulit. .
"ayok bantu mak ke swah, sayang kalau padinya belum dipanen, habis dimakan burung aj nanti" begitulah kata yang beliau ucapkan ketika mengajak kami ke sawah.
Jadilah saya dan adek mengikuti beliau, turun ke sawah membawa sabit dan dilengkapi baju panjang serta topi yang lebar. Sok-sokan takut panas padahal dulu sawah mah area main wajib😁. 
Saya dan adek mendapatkan tugas memotong padi sedangkan emak langsung mmbwanya dan memukulkannya ke dalam tempat yg disebut "tongkang".

Belum setengah jam bekerja merasa capek sekali,sudah lama tak bekerja seperti ini apalagi cuaca yg mncapai 33'C. Saya menepi d pohon kelapa dan ddk dibawahnya.
Dr jauh sy pndngi emak yg penuh semangat trus bkrja tanpa mnghiraukan rasa panas yang membuat wajahnya merah bak kpiting direbus dan bajunya basah karena kringat.
Ahhhh.. Mak😔😔
Biarlah gunung kerinci yg tertutup awan itu sebagai saksi perjuanganmu.

Meski tidak pernah dinobatkan sebagai pahlawan Nasional, meski tidak pernah dipublikasikan media sebagai seorang pahlawan, meski tdk pernah mendapatkan tanda penghargaan tapi Saya yakin kalian setuju dengan statement saya “IBU ADALAH PAHLAWAN” .

Ya Ibu,emak,umi,mama,mami,bunda,nyak,mimi apapun itu panggilannya💙💙
.
#lombafotohutikalpdpunj
#hutikalpdpunj2017
#emakkupahlawanku
#bulanpahlawan
#wanitatangguh 
#kerincimountain 
#panenpadi
#solokselatan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kolaborasi orang tua dan guru dalam pendidikan Anak Usia Dini

MID SEMESTER KOLABORASI ORANG TUA DAN GURU DALAM PENDIDIKAN AUD OLEH : ISA HIDAYATI / 1100795 PG PAUD REGULER 2011 DOSEN PEMBIMBING: Nurhafizah ,M.Pd PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG 2012 1.       Jelaskanlah urgensi/pentingnya kolaborasi orang tua dan guru dalam mengembangkan kemampuan AUD !         Orang tua sebagai mitra guru   dalam pendidikan anak usia dini perlu mengetahui pembelajaran yang dilaksanakan anak di sekolah. Karena apabila orang tua   pasif dan tidak memperhatikan anaknya maka anak   dalam menerima pelajaran dari sekolah merasa bingung dengan dua dunia yang berbeda. Pembiasan-pembiasaan di rumah berbeda dengan apa yang diajarkan di sekolah sehingga anak akan menemui masalah dalam pembelajaran dan penyesuaian. Apalagi dalam pendidikan anak usia dini yang merupakan peletak dasar pendidikan pada anak.          Orang tua juga harus bisa menjadi pendukung pembelajaran

pengembangan program pembelajaran sains AUD

MAKALAH PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN SAINS AUD OLEH NAMA ANGGOTA: Zahratul Qalbi (1100776) Nora Elina (1100771) Dona sri rahayu (1100794) Syarifah nurza (1100792) Islamaisa (1100793) Della Delina (1100765) Ezi Alfrina (1100755) Syukrina Wiladatika (1100780) PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURUPENDIDIKAN ANAK USIA DINI FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG 2012 KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya yang berjudul “PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN SAINS AUD”.              Makalah ini berisikan tentang informasi tentang Pengembangan Program Pembelajaran Sains AUD.Diharapkan Makalah ini dapat memberikan informasi kepada kita semua tentang Pengembangan Program Pembelajaran Sains AUD. Kami menyadari bahwa Makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kri

permainan frobel

MEDIA PEMBELAJARAN AUD PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN FROBEL BOLA KUBUS DAN SILINDER DARI KAYU OLEH: KELOMPOK II TISNA SYAFNITA/1100778 ISA HIDAYATI/11000795 GEMALA RANTI/1100779 FITRA ANIZA/1100766 DESIANTI/1100803 LISA MONIKA/1100768 ISLAMAISA/1100793 LITA HARTATI/1100795 EKA RESKI AMANDA/1100777 EDUPA CENTIA/ PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG 2012 ALAT PERMAINAN   FROBEL BOLA, KUBUS DAN SILINDER DARI KAYU Pandangan Froebel Froebel yang bernama lengkap Friedrich Wilheim August Froebel, lahir di jerman pada tahun 1782 dan wafat tahun 1852. Pandanganya tentang anak banyak dipengaruhi oleh Pestalozzi esrta para filsuf Yunani. Froebel memandang anak sebagai individu yang pada kodratnya bersifat baik. sifat yang buruk timbul karena kurangnya pendidikan atau pengertian yang dimiliki oleh anak tersebut. Setiap tahap perkembangan yang dialami oleh anak harus dipandang sebagai s